3 Apartemen Khusus Mahasiswa

Apartemen yang dibangun khusus untuk menyasar segmen pasar mahasiswa kembali marak. Menyusul kesuksesan serial Margonda Residences di Depok, Jawa Barat, pada kurun sebelum krisis 2008.

Mengembangkan apartemen mahasiswa di lokasi-lokasi yang memang merupakan konsentrasi generasi produktif ini belajar dan bermukim.

Lokasi-lokasi tersebut adalah Depok, Bogor, Semarang, Yogyakarta, dan Malang.

Ratusan ribu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menimba ilmu di kota-kota ini. Tentu saja, mereka membutuhkan hunian sementara yang bisa disewa dengan harga relatif terjangkau.

Namun, kebutuhan mereka tak selalu bertemu dengan pasokan yang sesuai. Oleh karena itu, para pengembang menjembatani antara kebutuhan mahasiswa dengan kemampuan mereka menyediakan apartemen dengan spesifikasi khusus.

Berikut pilihan apartemen- apartemen mahasiswa yang kami rangkum :

1. UResort Bogor

Orang tua maupun investor mahasiswa Institut Pertanian Bogor IPB bisa memiliki satu unit apartemen mahasiswa mulai harga Rp 250 juta per unit.

Artinya, cukup dengan cicilan Rp 2 jutaan per bulan atau hampir sama dengan tarif indekos di sekitar lingkungan kampus IPB yang kini berkisar Rp 800.000 hingga Rp 1,5 juta per bulan.

UResort atau University Resort adalah proyek apartemen yang dikembangkan di atas lahan seluas 1,5 hektare di sekitar kampus IPB.

Dinamakan resor karena memiliki pemandangan Danau Situ Gede dan hutan kota CIFOR. Rio menjelaskan, pada tahap pertama akan dikembangkan 5 blok apartemen yang masing-masing setinggi empat lantai (low rise building) dengan total 180 unit.

Seluruh tipe unit untuk tahap pertama adalah tipe studio seluas 24,5 meter persegi.

2. Evencio Margonda

PT PP Properti Tbk menyiapkan proyek yang membidik segmen mahasiswa di kawasan Depok. Ceruk bisnis apartemen sewa dinilai masih menarik di kawasan yang ramai dengan perguruan tinggi tersebut.

PP menyiapkan proyek premium apartemen mahasiswa itu dengan nama Evencio Margonda. Ini akan semakin melengkapi persaingan apartemen lainnya di kawasan itu, antara lain Apartemen Taman Melati, Margonda Residence, Saladdin Mansion, Apartemen Depok Town Square, dan yang terakhir Dave Apartment di kawasan Kukusan.

Perseroan berkode emiten PPRO itu menyiapkan investasi sekitar Rp 600 miliar untuk pembangunan dua menara apartemen khusus mahasiswa yang letaknya di Jalan Margonda Raya itu.

Evencio Margonda tahap pertama dijual dengan harga Rp 14,5 juta per meter persegi, kemudian pada fase kedua dijual Rp 16 juta per meter persegi, dan saat ini masuk fase ketiga ditawarkan dengan harga Rp 16,3 juta per meter persegi.

3. Grand Taman Melati Margonda

PT Adhi Karya (Persero) Tbk melalui salah anak usahanya, yakni PT Adhi Persada Properti membangun Grand Taman Melati Margonda di Depok, Jawa Barat.

Apartemen ini melengkapi portofolio proyek apartemen mahasiswa milik perseroan. Total ada delapan Taman Melati yang tersebar di Depok, Jatinangor, Malang, dan Yogyakarta.

Saat pertama diluncurkan, harga yang dipatok sekitar Rp 400 jutaan. Apartemen dengan jumlah total 839 unit ini mencakup satu menara dengan nilai investasi Rp 372 miliar.