5 Makanan Khas Nusantara Yang Identik Dengan Hari Kemerdekaan

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan hari spesial bagi masyarakat Indonesia.

Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kemerdekaan ini sebagai makna menghormati perjuangan yang telah dicapai para pahlawan. Salah satunya adalah perlombaan yang diikuti oleh semua umur, mulai dari balita hingga lansia.

Selain kegiatan perlombaan, masyarakat tidak jarang mengadakan acara makan-makan dengan menyajikan makanan khas daerah mereka.

Berikut 5 kuliner khas Indonesia yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan di berbagai daerah:

1. Nasi Tumpeng Kuning

Kuliner ini sudah tidak asing bagi masyarakat karena selalu menjadi primadona dalam sebuah perayaan besar. Makna dari nasi tumpeng kuning ini adalah sebagai ucapan rasa syukur setelah mencapai sesuatu.

Nasi kuning yang mempunyai bentuk kerucut dan menjulang tinggi seperti gunung ini disajikan bersamaan dengan berbagai macam lauk pauk di sebuah nampan. Lauk pauk tersebut diantaranya adalah potongan ayam goreng atau suwiran ayam, tempe, perkedel, sambal goreng, hingga telur dadar.

2. Kue Bandros

Bandros merupakan kuliner yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir dan cocok dinikmati dengan teh atau kopi.

Banyak pedagang menjual kue yang berbentuk melengkung dengan ketebalan 2 cm ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI. Biasanya sering ditemukan di sekeliling kompleks perumahan dan pusat keramaian atau pusat perbelanjaan.

3. Klepon Merah Putih

Klepon merukapakn kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Kue ini dibuat dari tepung beras ketan yang ditengahnya diisi dengan gula merah.

Jajanan tradisional ini biasanya identik dengan warna hijau, tetapi untuk memeperingati hari kemerdekaan klepon dibuat dengan warna yang menggambarkan bendera Indonesia yaitu merah dan putih.

4. Rujak Natsepa

Rujak Natsepa merupakan rujak yang berasal dari Indonesia Timur, yaitu Ambon. Rujak ini terkenal dengan cita rasa asam manis yang berpadu jadi satu dengan bumbu rujak yang lebih kental.

5. Nasi Jagung

Nasi jagung adalah kuliner kesukaan Presiden Pertama Indonesia, yaitu Soekarno. Bahan dasar kuliner ini dari jagung pipil. Nasi jagung biasanya sering disantap dengan lauk pauk lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Pilihan Makanan Halal di Eropa

Negara-negara di Eropa jadi salah satu destinasi favorit wisatawan dunia. Permasalahannya untuk mencari makanan halal di negara seperti Inggris, Perancis, Austria, Italia, dan Belanda bukan hal yang mudah. 1. London, Inggris London tidak hanya terkenal akan seni dan galerinya, tetapi juga situs-situs wisatanya yang ternama dan bersejarah, misalnya Istana Buckingham dan Gedung Parlemen. Dengan lebih […]