Efek Kurang Tidur Yang Terjadi Pada Tubuh

Seorang ahli tidur belum lama ini menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika kita tidak cukup tidur.

Matthew Walker, profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California dan penulis buku Why We Sleep menulis di Business Insider tentang segala sesuatu yang terjadi secara internal setelah tidur malam yang buruk.

Sepotong informasi pertama berkaitan soal ingatan kita, dan itu adalah pemikiran yang agak menakutkan.

“Kita tentu tahu bahwa kurang tidur sebenarnya akan mencegah otak untuk dapat membuat kenangan baru,” kata Walker.

“Jadi, seolah-olah tanpa tidur yang cukup, memori otak seperti dimatikan dan kamu tak bisa menyimpan pengalaman baru ke dalam ingataan,” lanjutnya.

Membayangkan kita tak lagi dapat menyimpan ingatan baru tentu menakutkan, tapi lebih jauh dari itu, hal tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

“ Kurang tidur akan meningkatkan pengembangan protein beracun di otak yang disebut beta-amiloid, yang berkaitan erat dengan penyakit Alzheimer, karena selama tidur nyenyak di malam hari, sistem pembuangan kotoran di dalam otak sebenarnya bekerja keras membasuh protein beracun ini,” jelas Walker.

Kurang tidur juga dapat memengaruhi sistem reproduksi, serta sel-sel yang melawan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

3 Manfaat Air Kelapa untuk Wajah, Rambut, dan Wanita

Air kelapa sudah lama digunakan sebagai bahan pengobatan dan perawatan kecantikan karena khasiatnya yang beragam. Air kelapa merupakan sumber asam lemak Omega-3, vitamin C, serta berbagai jenis enzim, asam amino, dan mineral penting seperti magnesium dan kalium. Apa saja manfaat air kelapa yang bisa kita nikmati? Berikut ini beberapa di antaranya yang kami rangkum dari […]